Queen the Demented's blog

Selasa, 28 Juni 2011

Kurikulum Pendidikan Karakter Anak

Permasalahan kali ini yang saya ingin bahas adalah permasalahan seorang anak yang manja dan kurang mandiri.Orang tua sering mengeluhkan kepada saya.Aduh anak saya ini kurang mandiri,gimana caranya ya membuat  dia mandiri.Kayaknya dia ini terlalu manja dech.Saya dulu dibesarkan orang tua dengan ekonomi yang pas-pasan.Akhirnya saya jadi berjuang sendiri untuk melakukan segala sesuatu.Anak saya ini sepertinya terlalu enak.
biasanya ketika orang tua mulai mengeluhkan seperti itu, saya hanya berbalik menanyakan kepada mereka. “Pak,bu…sebenarnya anda sudah tahu kan jawabannya harus bagaimana?”, “ lho maksud anda bagaimana?” mereka balik bertanya.”Tadi bapak ibu sudah mengatakan bahwa ketika anda dulu di besarkan pas-pasan dan anda harus melakukannya semua sendiri. Dan anak anda sekarang terlalu nyaman karena semua sudah anda sediakan. Justru itulah permasalahannya, anda menyediakan segala sesuatunya bagi anak anda tanpa membuat dia berjuang. Anda sudah tahu permasalahannya tapi anda masih lakukan”. Mereka mulai menyadari permasalahannya sekarang. “Tapi bagaimana lagi kan kasian? daripada dia repot-repot”.  Justru itulah permasalahannya, kita tidak mau membuat anak kita repot. Sebenarnya itu tidak membuat anak kita repot. Sebenarnya itu untuk latihan yang perlu di jalaninya agar dia bisa mengembangkan dirinya.
Anak-anak yang kurang mandiri dan manja, adalah anak-anak yang tidak mengembangkan otonominya. Anda perlu tahu bahwa pada satu tahap perkembangan anak, mereka mempunyai sebuah tahap dimana mereka ingin otonomi lebih besar. Ini dimulai ketika mereka berusia 2 atau 3 tahun. Dia ingin melakukan sesuatu saat itu. Tetapi biasanya kita orang tua terkadang terlalu melindungi anak. Ketika dia ingin memanjat kursi, kita larang dia,”jangan nanti jatuh”.Ketika dia memegang sesuatu tidak kita perbolehkan karena takut pecah dan lain sebagainya. Nah,akhirnya anak ini menjadi pasif dan hanya menunggu apa yang kita berikan atau apa yang di berikan oleh pengasuhnya. Ketika hal ini terjadi bertahun-tahun maka kita sudah mulai membentuk sebuah pola dalam diri anak kita. Untuk menjadi pasif dan tidak mandiri. Cobalah anda memberikan sebuah latihan agar anak-anak mengerjakan sendiri.
Jika anda mempunyai anak yang sudah menginjak kelas 1 SD, sebaiknya jangan bawakan tas nya ketika dia turun dari mobil. Anda mungkin berpendapat, “aduh… saya kan harus berangkat kerja, kalau tunggu dia lama banget”. Itu tidak boleh di lakukan. Anda bisa berangkat lebih awal jika anda tahu itu akan membuat anda terlambat. Dan biarkan dia bawa tasnya sendiri masuk ke kelasnya. Jangan hanya karena kita tidak mau repot akhirnya “udah  sini tak bawain sudah masuk di kelas”. Itulah hal-hal kecil yang membuat anak anda jadi kurang mandiri. Jika dia sudah bisa mengembalikan piring yang dia gunakan untuk makan ke tempat cucian, biar dia melakukannya. “Lho..kalau begitu apa gunanya pembantu yang saya bayar”. Justru itulah masalahnya anda tidak memberikan kesempatan anak anda untuk mengembangkan dirinya. Semua itu perlu latihan. Anda tidak bisa membuat seorang anak mandiri tanpa sebuah proses. Sama seperti ketika dulu kita di besarkan oleh kondisi susah payah oleh orang tua kita. Saat itu orang tua kita mungkin tidak sengaja melakukan hal tersebut pada kita. Bahkan mungkin mereka merasa bersalah karena tidak bisa melayani kita mungkin. Tetapi justru  itulah yang baik ternyata bagi kita, bagi perkembangan kita. Kita akhirnya menjadi seorang yang mandiri. Dan kemudian ketika kita sekarang sudah menjadi orang yang berhasil kita tidak melakukan itu pada anak,dengan alasan kasian. Saya tahu bekerja untuk mereka , bukannya mereka harus menikmati apa yang saya perjuangkan.
Para pembaca yang budiman,  inilah permasalahannya Kita harus melatih anak kita untuk memiliki karakter mandiri. Kita harus memberikan kesempatan pada mereka seluas-luasnya untuk mengembangkan diri dengan mengerjakan banyak hal kecil-kecil yang sangat-sangat berguna bagi perkembangan karakternya. Ketika  seorang anak  mengembalikan piring makannya di tempatnya, mengangkat tas nya sendiri, mengembalikan sepatunya pada saat dia telah selesai pakai, atau melakukan kegiatan kecil-kecil maka si anak akan merasakan sebuah harga diri yang positif. Dia akan merasa bahwa dirinya sejajar dengan orang dewasa yang melakukan hal-hal tersebut.  Ini akan membuat percaya dirinya melambung tinggi. Ini akan membuat  dirinya membuat seorang yang memandang yang mempunyai citra diri sangat positif. Oleh karena itu berikanlah kesempatan ini pada anak-anak anda.  Anda tidak akan pernah kecewa melihat mereka bertumbuh dan berkembang dengan semangat kemandirian ketika mereka  mulai menginjak masa-masa remaja.
Jadi pastikanlah anda memberikan suatu kesempatan pada anak anda untuk melakukan apa-apa yang dia telah mampu lakukan. Itulah kunci untuk membantu seorang anak memiliki karakter  Mandiri, percaya diri dan mampu mengerjakan segala sesuatu dengan tanggung jawab penuh.

Salam..

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda